Senin, 28 November 2011

Tugas 2 Ilmu Sosial Dasar

Tugas 2

Dalam kehidupan kita kenal ada tiga karakter dan lingkungan yang dimiliki oleh manusia, yaitu individu, keluarga, dan masyarakat.Berikanlah sebuah pemahaman dari tiga tipe pola kehidupan dan jelaskan pula contoh-contoh dari masing-masing kehidupan tersebut.


Karakter dan lingkungan individu adalah lingkungan yang hanya meliputi individu itu sendiri, yaitu berkisar apa yang ada dipikirannya dan apa yang ia kerjakan, dimana hal tersebut dapat membentuk kepribadiannya.

Contoh : Pada saat seseorang sedang menyendiri terkadang dia mengeluarkan bakat terpendamnya, (menulis dan menciptakan lagu) yang dia keluarkan hanya pada saat dia ada di dalam "dunianya" sendiri.



Karakter dan lingkungan keluarga adalah lingkungan yang mempunyai hubungan antara individu dengan keluarganya yang merupakan lingkungan terdekat dengan individu dimana dia diajarkan norma-norma kehidupan dan etika dalam menjalin hubungan dengan masyarakat. Lingkungan keluarga merupakan salah satu faktor penting yang membentuk kepribadian individu.

Contoh : Seseorang yang dalam lingkungan keluarganya kental dengan ajaran norma-norma dan etika kehidupan maka ia akan menjadi seseorang yang berperilaku sesuai dengan apa yang telah diajarkan dalam keluargannya.

Karakter dan lingkungan masyarakat adalah lingkungan dimana individu menerapkan apa yang telah diajarkan dalam keluarganya dalam menjalin hubungan sosial dengan masayarakat. Lingkungan masyarakat juga merupakan salah satu faktor penting yang membentuk kepribadian individu.

Contoh : Ketika seseorang sedang menjalin hubungan sosialnya, sudah pasti dia akan menjalain komunikasi dan bersosialisasi dengan masyarakt luas serta menerapkan ajaran-ajaran yang diberikan dalam keluarganya. Masyarakat yang menjalin hubungan dengannya merupakan penentu dia berhasil menerapkan ajaran-ajaran yang diberikan dalam keluarganya atau tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar