Jumat, 09 Maret 2012

Tugas 1 Ilmu Budaya Dasar

Bagaimana Kebudayaan Mempengaruhi Kehidupan Kita

Seperti yang kita tahu Indonesia merupakan negara kepulauan, oleh karena itu Indonesia memiliki banyak kebudayaan yang dianut oleh penduduk yang ada di setiap pulau di Indonesia. Dan kebudayaannya pun jenisnya beragam, mulai dari tarian, baju adat, rumah adat, lagu daerah dll. Pada tulisan ini saya akan membahas soal lagu daerah. Lagu daerah pun ada banyak jumlahnya, seperti dari sabang sampai merauke, ondel-ondel, manuk dadali, bubuy bulan, apuse dll. Pertama kali saya diperkenalkan pada lagu-lagu daerah adalah pada saat di sd. Awalnya saya menyepelekan hal itu, kemudian saya diberikan penjelasan dan diajarkan untuk tetap melestarikan kebudayaan yang dimiliki negara kita, termasuk lagu-lagu daerah karena hal itu merupakan harta dan kebanggaan bagi suatu negara. Maka dari itu saya dan teman-teman saya di wajibkan setidaknya menghapal 5 lagu daerah. Semenjak saat itu saya merubah pandangan saya terhadap lagu daerah dan lebih menghargainya. Saya pun membeli buku yang berisikan lagu-lagu daerah yang ada di Indonesia. Walaupun saya tidak menghapalkan semua lagu tersebut, paling tidak saya mencoba memainkan dan mencoba mengingat irama dari lagu tersebut agar nantinya bisa mengajarkan pada penerus bangsa dimasa yang akan datang. Karena kalo bukan kita yang menjaga dan melestarikan kebudayaan negara Indonesia siapa lagi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar