Minggu, 08 Januari 2012

Tugas 4 Ilmu Sosial Dasar

4.1. Manusia sebagai individu selalu berada ditengah-tengah masyarakat, perilaku individu dalam kelompok ataupun tindakan terhadap orang lain bisa positif atau sebaliknya yaitu tindakan negatif diantaranya: menolong (helping), kerja sama (cooperation), kompetisi (competition), dan konflik (conflict). Buatlah contoh tindakan/perilaku individu yang mangandung makna tersebut diatas minimal masing-masing tindakan satu contoh.

Menolong (helping)
Contoh :
  1. Seseorang yang membantu temannya ketika kesulitan dalam hal pelajaran.
  2. Menjadi relawan dalam proses evakuasi korban bencana alam.
 Kerja Sama (cooperation)
Contoh :
  1.  Ikut berpartisipai dalam pembangunan fasilitas umum di lingkungan tempat tinggal, seperti RT dan RW.
  2. Bekerja sama dalam mengerjakan tugas kelompok.
Kompetisi (competition)
Contoh :
  1. Seseorang sedang berkompetisi dengan temannya untuk menjadi yang terbaik di bidang akademis.
  2. Seseorang yang berwirausaha tentu saja akan berkompetisi agar usahanya bisa disukai oleh masyarakat luas.
Konflik (conflict)
Contoh :
  1. Seseorang yang sedang berdiskusi dengan beberapa temannya, karena adanya perbedaan pendapat satu sama lain dan tidak saling menghormati maka terjadi pertengakaran.
  2. Seseorang yang mempunyai hubungan yang baik dengan sahabatnya, karena ada sedikit salah paham, maka bisa terjadi konflik yang sulit di selesaikan.

4.2. Dalam kehidupan masyarakat selalu dijumpai keadaan yang sangat bervariasi dan dengan keadaan yang tidak sama. Pada sisi lain setiap manusia mengidam-idamkan adanya kesamaan, dalam agama mengajarkan bahwa setiap manusia mempunyai kesamaan derajat. Di badan dunia pun menganggap bahwa manusia mempunyai hak yang dibawanya sejak lahir yang melakat pada dirinya, terbukti adanya Universal Declaration of Human Right.
Tugas anda buat secara deskriptif pelapisan sosial yang ada pada masyarakat dan buat pula apa yang dimaksud dengan kesamaan derajat pada setiap manusia serta jelaskan dengan contoh dalam kehidupan sosial kemasyarakatan.
 
Pelapisan Sosial
Menurut Pitirim A.Sorokin, Bahwa “Pelapisan Masyarakat adalah perbedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas yang tersusun secara bertingkat (hierarchis)”. Sedangkan menurut Theodorson dkk, didalam Dictionary of Sociology, bahwa “Pelapisan Masyarakat berarti jenjang status dan peranan yang relatif permanent yang terdapat didalam sistem sosial (dari kelompok kecil sampai ke masyarakat) di dalam pembedaan hak, pengaruh, dan kekuasaan.
 
Contoh :
Di India mengenal sistem kasta, yaitu kasta Brahmana, kasta Ksatria, kasta Waisya, dan kasta Sudra. Kasta Brahmana merupakan kasta tertinggi, yang isinya para pendeta. Kasta Ksatria, yang isinya para bangsawan. Kasta Waisya, yang isinya para pedagang. Kasta Sudra, yang isinya rakyat jelata.
 
Kesamaan Derajat
Setiap orang mendapatkan perlakuan yang sama, baik dalam hak dan kewajiban tanpa terkecuali.
 
Contoh : Berdasarkan pasal 27, 28, 29 UUD 1945 Setiap warga negara berhak menerima penghidupan yang layak, bebas mengeluarkan pendapat, dan bebas memeluk agama sesuai kepercayaannya masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar